Home ยป Tips Merawat Burung Kepodang Emas Agar Semakin Terlihat Cantik

Tips Merawat Burung Kepodang Emas Agar Semakin Terlihat Cantik

IKLAN

Hingga kini, burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling banyak diminati. Selain perawatannya yang cenderung mudah, kicauan burung mampu membuat suasana di rumah menjadi lebih syahdu.

IKLAN

Nah, salah satu jenis burung yang cukup banyak dipilih adalah burung kepodang emas. Lantas, bagaimana cara merawat jenis burung ini? Yuk simak di bawah ini seperti yang dilansir dari kacer.co.id.

Cara Merawat Burung Kepodang Emas

IKLAN

Tips perawatan di bawah ini bisa dijadikan acuan jika Anda ingin memiliki kepodang dengan suara merdu dan siap ikut kontes.

  1. Jinakkan Kepodang Terlebih Dahulu

Biasanya Burung kepodang yang dijual di bebas apalagi dari penjual yang belum Anda begitu kenal merupakan hasil tangkapan dari alam bebas. Untuk itu, sebagai pemilik Anda harus menjinakkannya terlebih dahulu. 

Tapi, bagaimana cara menjinakkannya? Anda bisa bersiul di dekat burung ini serutin yang Anda bisa sehingga burung ini mulai bisa terbiasa dengan Anda. 

  1. Tempatkan Sangkar Pada Tempat yang Sejuk

Selanjutnya, Anda perlu menempatkan sangkar burung kepodang di tempat yang tenang dan juga sejuk. Apalagi jika Anda baru saja membeli burung yang satu ini. Biarkan terlebih dahulu burung untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

  1. Gunakan Pakan Alami

Karena habitat asli burung ini berada di daerah pegunungan, Anda bisa memberi makan dengan pakan alami yang bisa berupa buah-buahan manis dan juga segar. Buah bisa dijadikan sebagai bahan pakan pokok utama burung kepodang emas.

  1. Selingi dengan Makan Tambahan

Selain harus memilih makanan utama, Anda juga harus menyelingi dengan makanan tambahan setiap 2x sehari. Tentu saja hal ini dilakukan agar burung ini tidak cepat bosan. Berilah makanan tambahan yang mengandung protein tinggi agar suara burung kepodang semakin bagus lagi. 

IKLAN

Beberapa contoh makanan yang bisa Anda pilih adalah serangga-serangga kecil di sekitar rumah seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu hingga kroto. Pemberian voer juga bisa digunakan namun jangan terlalu sering ya. Sebagai alternatifnya, gunakan EF saja. 

  1. Rutin Memandikan Burung Kepodang

Kepodang juga termasuk ke dalam Burung pendek yang harus rutin Anda mandikan. Waktu terbaik untuk memandikan burung yang satu ini adalah pada pagi ataupun sore hari. Setelah selesai dimandikan, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menjemurnya kurang lebih selama satu jam.

  1. Jemur di Tempat yang Tinggi

Sebelum dimandikan, sebaiknya burung ini di jemur terlebih dahulu. Cara menjamurnya cukup digantung di tempat yang tinggi. Ini dilakukan agar menyerupai di habitat alaminya. Anda juga bisa melakukan terapi suara-suara agar burung kepodang menghasilkan suara yang bagus. 

Nah, mudah bukan? Dengan mengikuti tips merawat burung kepodang emas di atas, Anda bisa memiliki kepodang dengan suara emas dan bulu cantik.

Leave a Comment