Home ยป Cara Cepat Menyambung Pipa Air Panas Menggunakan Lem Pipa

Cara Cepat Menyambung Pipa Air Panas Menggunakan Lem Pipa

Adanya kebocoran pada pipa air panas bisa menyebabkan aliran air dari pemanas menjadi dingin. Jika tidak diatasi dengan segera tentu daya water heater akan terbuang sia-sia. Untuk memperbaikinya, ada cara cepat menyambung pipa air panas menggunakan lem pipa yang praktis.

Menggunakan lem untuk menyambung pipa memang dapat mengatasi bocor, akan tetapi tanpa cara yang tepat kebocoran bisa dengan mudah kembali lagi. Sebelum menyambung pipa dengan lem, ada beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan. Apa saja langkah-langkah tersebut? Mari simak beserta ulasan selengkapnya berikut:

1. Potong Pipa

Langkah pertama dalam cara cepat menyambung pipa air panas menggunakan lem pipa adalah memotong bagian pipa yang bocor. Sebelum memotongnya, tentu saja diperlukan identifikasi bagian pipa yang mengalami kebocoran. Pastikan untuk memeriksa bagian pipa yang bocor dengan teliti.

Sebelum dipotong, ukurlah terlebih dahulu bagian tersebut untuk menentukan panjangnya pipa sambungan yang diperlukan. Tandai bagian pipa yang akan dipotong dan gunakan gergaji besi untuk memotongnya. Agar hasil potongan lebih rata, sebaiknya gunakanlah gergaji dengan bilah lebar.

2. Haluskan Ujung Pipa

Tahap berikutnya adalah menghaluskan ujung pipa yang dipotong. Bekas potongan pipa pasti akan meninggalkan serat-serat kasar. Bagian bekas potongan harus dihaluskan agar tidak mengganggu tahap penyambungan pipa. Bekas potongan yang tidak dihaluskan juga dapat berpotensi mengakibatkan sumbatan sebab menjadi tempat menempelnya kotoran.

Untuk menghaluskan bekas potongan, gunakanlah amplas. Gulung amplas dan mulai dengan mengamplas bekas potongan bagian dalam pipa. Pastikan untuk mengamplas sampai bekas potongan terasa halus kembali. Kemudian, lakukan hal yang sama pada bekas potongan pipa luar.

3. Sesuaikan Posisi Pipa

Usai menghaluskan pipa, jangan terburu-buru untuk mengaplikasikan lem. Cocokkan kembali panjang pipa dan coba posisikan pipa dengan sambungan yang baru tanpa lem. Kemudian, tandai masing-masing bagian pipa. Tahap ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam penyambungan pipa.

4. Aplikasikan Lem Pipa

Selanjutnya teruskan ke proses pengaplikasian lem pipa. Mulailah dengan memastikan semua bagian pipa yang akan disambungkan bersih dan kering. Jika semua bagian sudah siap, aplikasikan lem pipa dengan cepat dan merata. Oleskan lem dan jangan biarkan ada sisa lem yang berlebihan.

5. Rekatkan Kedua Pipa

Jika lem sudah diaplikasikan merata ke seluruh bagian, sambungkan pipa dengan sedikit tekanan. Pastikan sambungan terpasang dengan tepat sesuai dengan tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Berikan tekanan pada sambungan pipa selama 15 detik. Hal ini dimaksudkan agar lem mengering dengan merata pada sambungan.

Demikian cara cepat menyambung pipa air panas menggunakan lem pipa yang praktis. Pastikan untuk merekatkan sambungan pipa sesegera mungkin sebelum lem mengering. Jangan lewatkan juga untuk menggunakan lem pipa yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan jenis pipa.

Leave a Comment