Home » Fungsi Link Tautan Pada Suatu Konten Di Internet

Fungsi Link Tautan Pada Suatu Konten Di Internet

Memperpendek link tautan salah satu manfaatnya adalah mempermudah orang lain dalam mengingat sebuah informasi. Karena kadang link tautan ini dipasang pada format gambar. Sebagai contoh pendaftaran siswa baru, link dipasang di flyer yang kemudian disebar. Maka menyingkat link sangat bermanfaat. Di internet, banyak sekali aplikasi baik website atau lainnya untuk memendekkan link misalnya Bit.ly, atau S.ID yang asli Indonesia.

Dilansir dari situs foldertips.com, memendekkan link pun bisa dilakukan gratis. Misal di S.ID, kamu hanya perlu membuka link tersebut lalu masukkan link panjang yang akan dipendekkan dan klik “short url” tunggu sebentar jadilah ink itu pendek. Menariknya di s.id kamu bisa mengubah nama belakang. Misal s.id/pendaftaran. 

Fungsi Link tautan di konten

Pernah ngga sih, ketika sedang baca artikel, tetiba ada tulisan: Baca juga: x x x x. Kemudian ada link yang mengarahkan ke alamat lain?

Tentu kita pernah mendapati. Lalu apa sih fungsinya? Kita bicara secara umum dulu, ya. Sebelum ke soal SEO.

1. Informasi

Informasi, iya, benar. Untuk sebuah informasi. Menyambungkan 1 artikel dengan artikel lainnya, yang kedua memberikan informasi relevan. Dengan informasi yang relevan antar satu artikel dengan lainnya. Maka artikel akan semakin menarik.

Nah, jika artikel menarik dan saling terkait maka pembaca pun mudah menemukan topik lainnya, tanpa repot.

2. SEO offpage

Search engine optimization atau yang kerap disingkat SEO, adalah sebuah teknik agar blog atau website menarik di mata mesin pencari. Salah satu tekniknya adalah link. Dalam konten. Ini dikenal dengan SEO Off page.

Meski begitu link harus benar-benar relevan. Dan beberapa pakar SEO mengatakan kalau ini ngga wajib. Jika ingin membuat link terkait harus benar-benar relevan antara satu artikel dengan yang lainnya.

3. Relevansi Konten

Misal kamu mau cari resep bakmi medan dengan daging ayam. Kadang beda chef beda pula resepnya. Dengan adanya tautan atau link di dalam konten kamu lebih mudah menemukan.

Untuk blogger atau webmaster cara ini akan memudahkan pengunjung blog serta bisa meningkatkan page view pada blog kamu.  Ini pun efektif meningkatkan loyalitas  pengunjung.

Pengertian Inbound link dan outbound link.

Di dunia maya ada istilah inbound link, outbond link serta backlink. Outbond link secxara mudah adalah link keluar. Namun link keluar yang bagaimana? Prakteknya begini. Kita membuat sebuah link dalam artikel unuk menuju website rujukan. Ini disebut outbond link.

Sedangkan inbond link kadang disebut backlink. Adalah orang lain menaruh link ke website kamu di halaman website dia. Kedua cara tersebut dianggap efektif dalam penerapan SEO Offpage ataupun onpage. Sehingga banyak orang melakukannya.

Itulah informasi mengenai Link pada konten dan manfaatnya serta contohnya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Comment