Drs. Akmal Malik, M.Si yang baru saja dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IKAPTK oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM pada Jumat (12/6) yang bertempat di Aula Zamhir Islamie Kampus IPDN Cilandak lalu, membawa beberapa perubahan fundamental dalam kabinet DPN yang ia pimpin.

Jika biasanya kepengurusan DPN hanya diisi oleh Purna Praja yang bertugas di Jakarta, pada struktur kepengurusan kali ini Akmal Malik melibatkan banyak Purna Praja yang bertugas di daerah sebagai pengurus DPN IKAPTK. Struktur kepengurusan seperti ini sejatinya belum pernah ada pada periode kepengurusan sebelumnya. Tak pelak terobosan baru ini disambut sumringah dan semangat bagi Purna Praja yang bertugas di daerah.

“Terobosan yang luar biasa. Kebijakan ini menjadikan kami Purna Praja yang di daerah merasa lebih memiliki IKAPTK, karena kami pun dilibatkan dalam langkah atau kebijakan yang akan diambil oleh DPN IKAPTK selaku induk organisasi alumni,” ujar Jasmono, Purna Praja yang saat ini berdinas di Propinsi Maluku.

Akmal Malik sendiri mengatakan bahwa kebijakan ini diambil agar DPN IKAPTK benar-benar mampu menjadi cerminan keragaman Purna Praja se-Indonesia.

“DPN IKAPTK saat ini akan memiliki ciri kepemimpinan dan perencanaan yang kolaboratif. Mampu menjadi cerminan mini dari seluruh IKAPTK yang ada di setiap kabupaten, kota dan propinsi di Indonesia. Dan tentu saja ikut serta berperan aktif dalam kemajuan bangsa, terutama dalam aspek sosial dan pemerintahan” papar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu.

Lebih lanjut disampaikan Akmal Malik, kepengurusan DPN IKAPTK masa bakti 2020-2025 ini juga akan menjadi representasi dari setiap Purna Praja yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

“Ini adalah kali pertama kepengurusan DPN IKAPTK juga melibatkan para Purna Praja yang mengabdi di daerah, agar DPN IKAPTK ini semakin dirasakan sebagai milik bersama. Dan kami yakin, sebagaimana Purna Praja yang mengabdi di Jakarta, Purna Praja di daerah pun juga memiliki pengabdian yang luar biasa. Oleh karena itu, semoga DPN ini bisa menjadi salah satu wadah bagi setiap Purna Praja dalam menyampaikan gagasannya dan membagikan pengalamannya demi kemajuan bersama,” tutup alumni STPDN angkatan 02 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email