Manokwari- Pada tanggal 21 Desember 2020, IKAPTK Papua Barat menyelenggarakan Kongres Provinsi di Hotel Swiss Bel untuk memilih Ketua DPP IKAPTK Papua Barat dan membahas program Kerja IKAPTK. Kegiatan tersebut dilakukan karena pengurus IKAPTK periode 2014 – 2019 telah berakhir cukup lama. Ketua Panitia Kongres, Derek Ampnir mengatakan bahwa IKAPTK sempat vakum setelah kepengurusan lama berakhir dan perlu untuk dilakukan pemilihan agar organisasi terus berjalan.

Kuswanto, Ph.D, Sekjen IKAPTK memberikan ucapan terima kasih atas perhatian dari Bapak Gubernur pada anggota IKAPTK di Papua Barat. Kuswanto juga menambahkan bahwa IKAPTK harus menjadi organisasi yang bermanfaat baik bagi masyarakat maupun bagi anggotanya. Oleh karena itu DPP IKAPTK harus mampu inovatif dan kolaboratif dalam menyusun program kerjanya untuk memberi manfaat.

Asisten 3 Papua Barat Reymond Yap mewakili Gubernur Papua Barat menyampaikan rasa bangganya terhadap IKAPTK. Reymond mengajak seluruh anggota IKAPTK untuk terus bersinergi dalam pembangunan di Papua Barat.

Setelah melalui beberapa tahapan sidang, akhirnya secara mufakat disepakati Derek Ampnir, S.Sos, MM Kepala BPBD Papua Barat sebagai Ketua DPP IKAPTK Papua Barat periode 2020 – 2025.

Ketua Umum DPN IKAPTK kemudian melantik Ketua DPP terpilih pada tanggal 22 Desember 2020. Pada saat bersamaan, terdapat 3 (tiga) DPK yang telah selesai melaksanakan Kongres Kabupaten dan ikut dilantik dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan di Manokwari. DPK Fak fak Barat diwakili Drs. Miswanto, M.Si selaku Wakil Ketua; DPK Manokwari diwakili oleh Dra. Mersiyanah Djalimun selaku Ketua DPK; dan DPK Teluk Wondama diwakili oleh Drs. Syors A. Ortissanz Marini, M.Si selaku Ketua DPK.

Dalam sambutan pelantikannya, Akmal Malik menargetkan IKAPTK Papua Barat untuk mampu membuat unit usaha baru yang berisi Orang Asli Papua yang merupakan anggota IKAPTK berupa warung makan atau rumah oleh oleh di Papua Barat. Rumah makan tersebut akan sekaligus menjadi tempat nongkrong atau sekretariat IKAPTK Papua Barat.

Selain itu Akmal Malik memberikan apresiasi kepada Gubernur atas dukungannya kepada IKAPTK. Sebagai langkah mendukug pembangunan di Papua Barat, IKAPTK akan menggagas program enterpreneurship di Papua Barat karena ekonomi sedang lesu. Itu adalah kontribusi IKAPTK agar lebih bermanfaat, maju dan modern.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya menyambut baik program IKAPTK dan juga mengucapkan terima kasih atas karya IKAPTK. IKAPTK akan bersinergi dengan Provinsi Papua Barat untuk membangun Papua Barat.

Acara ditutup oleh Gubernur Papua Barat dengan ditandai pemukulan Tifa sebanyak lima kali.

IKAPTK Maju, Modern dan Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email